Pada zaman dulu, proses pengambilan dan pengolahan foto begitu rumit. Kamera awal belum secanggih sekarang, sampai-sampai proses pembuatan foto bisa memakan waktu hingga 8 jam.

Inilah foto pertama sepanjang sejarah umat manusia. Foto pertama di dunia ini diambil oleh Joseph Nicephore Niepce, antara tahun 1826-1827. Foto tersebut berjudul “View From The Window Of Le Gras” yang diambil dari jendela rumahnya di Saint-Loup-de-Varennes, Perancis.

Sesuai judulnya, foto diambil dari balik jendela dan memperlihatkan pemandangan bangunan dan lingkungan di sekeliling rumah Joseph Nicephore. Dia memakai pelat timah yang dilapisi sejenis aspal alami (bitumen of judea) dan ditaruhnya di dalam kamera obscura yang sederhana berupa kotak tertutup yang ada lubang kecil di satu sisinya.

Kemudian, cahaya yang masuk ke dalam lubang itu terproyeksi secara terbalik pada pelat timahnya. Lalu selama 8 jam, bitumen yang terkena cahaya itu mengeras dan jadilah foto tersebut. Teknik pembuatan foto yang sulit itu dinamainya “heliography”.

Setelah eksperimen itu, Niepce mengajak fotografer Louis Daguerre untuk mengembangkan teknik heliography. Namun, pada 1833 Niepce meninggal dunia sehingga Louis yang meneruskan pengembangan teknik tersebut, dan kemudian menghasilkan teknik daguereotype yang populer di kalangan publik pada 1939.

Foto pertama di dunia oleh Joseph Nicephore Niepce ini sempat hilang pada 1905. Hingga pada 1952, foto jepretan pria kelahiran 1765 itu akhirnya ditemukan oleh sejarahwan bernama Helmut Gernsheim di dalam gudang rumahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s