Foto selfie adalah potret diri Anda yang diambil oleh Anda sendiri. Di zaman modern saat ini, banyak sekali orang yang menggunakan smartphone untuk mengambil foto selfie dan mengunggahnya di media sosial seperti Instagram.

Bagi Anda yang hobi selfie, tahukah Anda siapa orang yang pertama kali selfie? Ternyata selfie sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu, yakni pada tahun 1839. Sejarah mencatat Robert Cornelius sebagai orang pertama yang mengabadikan dirinya secara selfie.

Saat itu, Robert Cornelius ingin mengambil foto dengan teknik daguerreotype yang populer di masa itu. Dia memotret dirinya di depan toko lampu milik keluarganya. Saking rumitnya proses foto tersebut, dia memerlukan waktu sekitar 10-15 menit dalam posisi diam agar kameranya dapat menangkap gambar dengan jelas.

Tentunya, gaya selfie pria yang bekerja sebagai fotografer itu biasa saja dan cenderung kaku. Hasil fotonya juga tidak sebagus foto selfie saat ini karena kamera zaman dulu belum secanggih sekarang. Namun, foto yang tampak sederhana itu ternyata menjadi foto selfie pertama di dunia dan jadi sejarah fotografi yang tak akan terlupakan.

Sebagai informasi, Robert Cornelius lahir di Philadelphia, Amerika Serikat pada tanggal 1 Maret 1809. Berarti foto selfie tersebut diambil ketika ia berusia 30 tahun. Sementara dia meninggal pada 1893 di usia 84 tahun. Kini hasil foto selfienya disimpan di dalam perpustakaan terbesar di dunia, Library of Congress, Washington DC.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s