Tulisan Afi Nihaya Faradisa (Asa Firda Inayah) di Facebook yang berjudul “Belas Kasih Dalam Agama Kita” menuai kontroversi karena dituding plagiat atau menjiplak tulisan orang lain. Afi dianggap telah melakukan plagiarisme terhadap tulisan Mita Handayani yang berjudul “Agama Kasih”.

Mita Handayani kemudian angkat bicara terkait masalah tersebut. Dia mengakui bahwa memang dia pernah menulis “Agama Kasih” di Facebook pada tanggal 30 Juni 2016. Ini berarti Mita adalah penulis sebenarnya, karena Afi baru mempostingnya pada 25 Mei 2017.

Namun, dengan bijaksana Mita Handayani tidak mempermasalahkannya, karena menurutnya Afi Nihaya tidak bermaksud melakukan plagiarisme. Mita bahkan membela Afi karena cerdas dan berani bersuara di usia mudanya.

“Aku tidak pernah mengenal dan berkomunikasi dengan Afi Nihaya Faradisa sebelum ramai-ramai ini. Kalau Afi merasa terinspirasi oleh salah satu tulisanku, aku ikut merasa senang. Afi anak yang cerdas, dan aku sudah sering melihat tulisannya bertebaran juga sebelum ini. Kalau ada kesalahan fatal yang Afi lakukan, itu adalah karena belakangan ini dia mulai berani menyentuh isu agama, sehingga mengundang gelombang pembenci baru yang siap mencari-cari dan menguliti semua kesalahannya yang lain,” tulis Mita.

Untuk itu, Mita pun menyarankan agar permasalahan tersebut disudahi dan jika dianggap salah, maka mohon dimaafkan.

“Aku pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Jika usaha Afi kali ini dianggap kesalahan, aku mohon dimaafkan. Mungkin kita yang terlalu membebaninya, sehingga Afi merasa memiliki tugas moral untuk terus menginspirasi pembacanya, terutama di waktu-waktu genting ketika justru yang lebih tua tak bisa diandalkan untuk menyejukkan keadaan. Afi merasa harus berbuat sesuatu, dan jika itu salah, mohon dimaafkan,” pesan Mita kepada para pembaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s