Dari dalam rumah tahanannya di Mako Brimob Depok, Basuki Tjahaja Purnama menuliskan surat untuk para relawan dan pendukungnya, serta untuk semua orang yang mencintainya dan menjalani proses demokrasi di Indonesia.

Surat tersebut kemudian dibacakan oleh istri Ahok, Veronica Tan, saat konferensi pers untuk menyatakan bahwa Ahok dan pihak keluarga resmi membatalkan permohonan banding atas vonis dua tahun penjara.

Berikut isi surat Ahok yang begitu menyentuh hingga membuat istrinya menangis:

“Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yg saya alami. Saya mau berterima kasih kepada saudara2 yg mendukung saya dalam bentuk doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku2 & bahkan dengan berkumpul menyalakan lilin.

Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini, apalagi saya.
Tetapi saya telah belajar mengampuni & menerima semua ini jika untuk kebaikan berbangsa & bernegara.

Alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan & kerugian ekonomi akibat ada unjuk rasa yg mengganggu lalu lintas. Tidaklah tepat saling unjuk rasa & demo dalam proses yg saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa. Apalagi benturan dengan pihak lawan yg tidak suka dengan perjuangan kita.

Terima kasih untuk unjuk rasa yg taat aturan & menyalakan lilin perjuangan konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila, UUD 1945, & Bhineka Tunggal Ika. Mari kita tunjukkan bahwa Tuhan tetap berdaulat & memegang kendali sejarah setiap bangsa. Kita tunjukan bahwa kita adalah orang yg beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakkan kebenaran & keadilan bagi sesama manusia.

Gusti Ora Sare, put your hope in the lord, now and always. (Mazmur 131 ayat 3). Kalau dalam iman saya, saya katakan: the Lord will work out his plans for my life (Mazmur 138 ayat 8).”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s