Netizen Twitter heboh dengan cuitan atau tweet lawas Buni Yani. Dalam akunnya @BuniYani, mantan dosen itu pernah menuliskan status: “Jual agama itu paling gampang, maklum rakyatnya masih bego2 gampang ditipu.”

Tweet pada tanggal 11 Mei 2014 itu seperti menyindir orang-orang yang mudah dibohongi pakai agama. Entah kepada siapa tweet sindirannya itu ditujukan.

Selain itu, Buni Yani juga sempat menuliskan beberapa sindiran berbau agama di 2012. Namun, setelah terungkap oleh netizen, ia malah menonaktifkan akun Twitter-nya. Berikut beberapa cuitan lawas Buni Yani lainnya.

“Sbg negara muslim terbesar, Indonesia adalah pasar terbesar produk berbau islam. Di sini apa saja bisa laku asal mengatasnamakan islam.”

“Massa gampang ditipu. Asal berbau agama, semua produk laku: mulai sinetron, lagu, merchandise, ayat. Hati2 ada kapitalisme di baliknya.

“Agama jadi barang dagangan yang laku keras. Tapi sebagian besar orang tak paham kalau ada bisnis di baliknya.”

Tentunya, jejak digital tersebut menimbulkan kehebohan di media sosial. Netizen  jadi menyindir balik Buni Yani yang saat ini sedang menghadapi kasus pidana gara-gara melakukan pengeditan dan mengunggah video Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sehingga mengakibatkan Gubernur DKI Jakarta tersebut dituding menista agama.

Buni Yani sendiri telah berstatus tersangka dan dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang penyebaran informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s