Rumah bekas bisa jadi alternatif pilihan saat sedang mencari hunian, terutama jika kamu belum mampu membeli rumah baru yang terkadang harganya lebih mahal. Namun, kamu perlu cermat jika ingin membeli rumah bekas. Kamu harus jeli memperhatikan kondisi rumah secara menyeluruh untuk memastikan apakah rumah tersebut layak untuk ditempati.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu tidak salah memilih rumah bekas:

Kenyamanan yang Utama

Jangan hanya terpaku pada harga miring atau lokasi rumah bekas yang terbilang strategis. Hal utama yang harus jadi perhatian adalah kenyamanan dan keamanannya. Perhatikan lingkungan sekitar rumah yang aman, bebas banjir, dan kamu merasa bisa membuat kamu tinggal dengan nyaman.

Tidak Perlu Banyak Renovasi

Pastikan bangunan rumah bekas tersebut dalam kondisi yang baik sehingga tidak perlu banyak renovasi. Ketahui konsekuensinya di mana kondisi bangunan rumah bekas biasanya tidak seindah rumah baru, sehingga perlu renovasi agar tampilannya bisa tampak seperti baru. Jadi, kamu harus menyiapkan biaya tambahan untuk renovasi.

Cermati Kondisi Bangunan

Merenovasi rumah jangan hanya memperbaiki tampilan luarnya saja. Ada beberapa bagian rumah yang perlu dicermati. Pastikan bagian rumah tersebut dalam kondisi yang tidak rusak untuk mencegah kecelakaan dan hal buruk yang terjadi saat kamu tinggal nantinya. Seperti genteng yang bocor, tembok yang retak, dan lantai yang rusak. Semua hal itu sebaiknya diperbaiki sebelum  ditinggali. Selain itu, kamu harus rajin merawatnya secara berkala agar struktur bangunan tetap terjaga.

Advertisements

2 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s