Bila kamu ingin membangun rumah dengan ketinggian lebih dari satu lantai, berarti kamu butuh membangun tangga untuk menghubungkan lantai bawah dengan lantai atas. Namun bagaimanakah merancang desain tangga rumah yang aman?

Saat ini banyak arsitek yang merancang bentuk tangga yang variatif. Meski desain tangga yang cantik akan membuat tampilan rumah semakin menarik, namun tetap saja hal yang terutama harus diperhatikan adalah faktor keamanan dan kenyamanan tangga.

Keberadaan tangga sudah selayaknya dibuat senyaman dan seaman mungkin. Sebab jika tidak, tangga berisiko membuat penghuni rumah jatuh, apalagi jika ada anak-anak di dalam rumah.

Disarankan, lebar tangga dibuat sekitar lebih dari 60 cm agar bisa digunakan oleh satu orang. Namun agar bisa dilalui oleh dua orang sekaligus, maka buatlah tangga dengan lebar sekitar 100-120 cm.

Untuk pijakan kaki, sediakan lebar sekitar 27-30 cm agar kaki bisa menapak seutuhnya dengan nyaman dan untuk mencegah kaki jatuh dari pijakan tangga. Kemudian buat ketinggian antar anak tangga sekitar 18-20 cm.

Sementara faktor lainnya yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan di area sekitar tangga. Sebab jika cahaya ruangan di sekitar tangga gelap, maka akan berisiko membuat penggunanya kesandung saat menaiki atau menuruni tangga di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk memasang lampu di sekitar tangga.

Selain itu, penting sekali memberikan handrail atau pegangan tangan di tangga. Pegangan tangga bisa berada di kedua sisi dinding yang mengapit tangga, atau boleh juga dibuat untuk tangga yang tidak diapit dinding di kedua sisinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s