Gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat ini adalah bangunan Burj Khalifa yang tingginya 828 meter dan berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun sejumlah arsitek dan pengembang properti kini sudah mulai merencanakan pembangunan gedung yang tingginya akan melebihi Burj Khalifa, salah satunya AMBS Architects.

Bertajuk “The Bride”, AMBS Architects telah merancang desain calon gedung pencakar langit tertinggi di dunia itu setinggi 1.152 meter di kawasan Basra, Irak. The Bride akan terdiri dari 4 menara dengan 230 lantai dan ditutupi antena setinggi 188 meter.

AMBS Architects merencanakan pembangunan The Bride layaknya kota vertikal yang mencakup apartemen, hotel, perkantoran, pusat komersial, dan taman. Bahkan di dalam gedung tersebut akan dilengkapi dengan jaringan rel seluas sekitar 1,5 juta meter persegi.

Tidak seperti gedung pencakar langit konvensional pada umumnya, The Bride dirancang agar menjadi tempat yang dapat dikunjungi semua orang. Tidak hanya penghuni atau yang bekerja di sana, tetapi juga masyarakat umum dapat menikmatinya.

Jika rencana pembangunan gedung The Bride berjalan lancar, maka kemungkinan bangunan tersebut akan rampung pada tahun 2025 mendatang. Dan jika pembangunannya berhasil, maka tingginya akan mengalahkan ketinggian Burj Khalifa dan Kingdom Tower (1.000 meter) yang sedang dibangun di Jeddah, Arab Saudi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s