Merenovasi rumah membutuhkan perencanaan yang matang. Pasalnya, harga bahan bangunan sudah semakin mahal, belum lagi ditambah biaya tukang bangunan. Jangan sampai kamu salah memperhitungkan anggaran.

Jika belum terlalu mendesak, maka kamu bisa menunda merenovasi rumah. Namun tentu saja ada berbagai situasi dan kondisi yang penting sehingga kamu harus merenovasi rumah.

Berikut ini ada beberapa pertimbangan mengapa kamu harus melakukan renovasi rumah!

  1. Bertambahnya Anggota Keluarga
    Bertambahnya jumlah anggota keluarga tentu menjadi pertimbangan yang penting mengapa kamu merenovasi rumah. Misalnya, ada bayi yang baru lahir atau ada anggota keluarga yang menumpang di rumahmu sehingga membutuhkan kamar tidur tambahan.
    Saat melakukan renovasi tersebut, pertimbangkan ketersediaan lahan kosong di rumahmu. Jika lahan terbatas, maka kamu bisa mengakalinya dengan menambah jumlah lantai, sehingga rumah yang awalnya hanya satu tingkat menjadi dua tingkat atau lebih. Namun tentu saja kamu harus memperhatikan ruangan tambahan apa saja yang diperlukan, apakah ada bagian yang perlu dihilangkan, serta bagaimana kondisi pondasi rumah, desain, dan konstruksi yang sesuai dengan perhitungan bujet.
  1. Ada Bagian yang Rusak Parah
    Kamu bisa menunda renovasi rumah jika ada kerusakan yang terjadi pada bagian yang tidak terlalu penting dan tidak kelihatan. Kamu bisa memperbaikinya dengan menambal bagian yang rusak itu, tanpa harus merenovasi secara total. Namun jika ada bagian rumah yang ternyata sudah rusak parah, maka itu sudah seharusnya  direnovasi segera agar rumah bisa tetap ditinggali dengan nyaman dan aman.
  1. Mengubah Suasana
    Selain itu, tampilan rumah memiliki pengaruh terhadap kondisi psikologis dan kenyamanan sekeluarga. Kamu boleh saja merenovasi rumah jika ingin menghilangkan kejenuhan yang sudah sangat lama dirasakan. Namun biasanya, renovasi untuk mengubah suasana rumah membutuhkan perencanaan dari jauh-jauh hari sehingga kamu bisa menyiapkan dana yang cukup untuk mengubah tampilan rumah sesuai dengan desain terbaru yang disukai.
  1. Rumah Bekas
    Ketika kamu bisa membeli rumah second atau bekas, kamu bisa membelinya dengan harga yang sesuai budget dan lebih murah. Namun seringkali desain dan kondisi rumah bekas tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu merenovasi rumah bekas yang baru dibeli jika kamu merasa memiliki budget berlebih.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s