Ular adalah salah satu binatang berbahaya yang kerap mencelakakan manusia. Ada berbagai macam jenis ular; ada yang hidup di tanah dan di air, ada yang berbisa dan yang tidak, serta ada yang bertubuh pendek dan bahkan ada yang panjangnya hingga delapan meter.

Hewan melata dan tidak berkaki ini memang biasanya ditemukan di hutan, semak-semak, dan rawa-rawa. Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan yang sudah maju dan padat penduduk, biasanya sangat jarang menemukan ular di sekitar lingkungannya. Namun, pada beberapa kasus, ular ternyata masih ditemukan muncul di perumahan warga perkotaan.

Untuk itu, ada beberapa cara atau tips yang perlu kamu perhatikan agar tempat tinggalmu tidak didatangi ular yang bisa saja membahayakanmu, di antaranya:

  1. Menjaga Kebersihan Rumah
    Jagalah kebersihan di dalam dan di luar rumah. Ular biasanya menyukai tempat yang lembap dan gelap. Beberapa tempat di rumah yang disukai ular yakni semak yang rimbun di taman, pohon yang menjalar tinggi, tumpukan benda-benda seperti sampah dan bebatuan, serta genangan air. Untuk itu, pastikan kamu menjaga kebersihan rumahmu setiap hari.
  2. Rumah Bebas dari Tikus
    Salah satu makanan ular adalah tikus. Jika banyak tikus bersarang di rumahmu, ular akan tertarik untuk mendatangi tempat tinggalmu. Selain itu, ada juga ular yang suka makan serangga. Jadi, kamu perlu menjaga kebersihan rumah agar bebas dari tikus dan serangga, sehingga ular tak datang ke rumahmu untuk mencari makanan.
  3. Gunakan Tali Ijuk
    Banyak yang mengatakan kalau ular takut sama garam, padahal ular bukanlah hewan berlendir melainkan bersisik. Jadi, cara mengusir ular dengan garam tidak akan efektif. Lebih baik, kamu gunakan ijuk. Sebab ular akan menghindari kulitnya menempel pada benda yang teksturnya kasar seperti ijuk. Oleh sebab itu, kamu bisa memasang keset ijuk di depan pintu rumah atau meletakkan tali ijuk di area-area jalur masuk lainnya.
  4. Tutup Celah Bangunan
    Ular bisa masuk ke dalam rumah melalui celah. Ular suka bersembunyi/bersarang di lubang atau celah. Untuk itu. perhatikan kondisi bangunan rumahmu. Sekecil apapun celah yang ada, segera perbaiki. Baik itu di tembok hingga atap rumah, jangan sampai ada celah yang disukai ular.
  5. Letakkan Perangkap Ular
    Kamu bisa membeli atau membuat sendiri perangkap ular dan letakkan di tempat yang sekiranya rentan jadi jalur masuk ular ke dalam rumahmu.
  6. Bangun Pagar Tembok Tinggi
    Membangun pagar dari beton atau tembok semen yang tinggi di sekeliling rumah bisa mencegah ular masuk ke dalam rumah. Karena ular tidak akan bisa mendakinya.
  7. Semprotkan Bau-bauan
    Ular memiliki indra penglihatan yang kurang baik namun indra penciumannya sangat tajam. Jika ular sudah masuk ke dalam rumah, kamu bisa coba mengusirnya dengan menyemprotkan bau-bauan yang menyengat seperti parfum dan obat pembasmi serangga. Namun, perhatikan jarak antara kamu dan ular agar kamu tidak sampai terpatok. Selain itu, kamu bisa gunakan sapu atau tongkat untuk menangkapnya atau mendorongnya untuk pergi dari rumahmu. Akan tetapi jika kamu belum berpengalaman, lebih baik minta bantuan orang yang lebih berani dan pandai menangkap ular.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s