Menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari rumah dengan cara menciptakan rumah yang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya desain ramah lingkungan pada interior, tetapi juga pada eksterior rumah.

Rumah yang ramah lingkungan tidak hanya akan memberikan sejumlah manfaat bagi lingkungan, tetapi kamu juga akan merasakan kondisi lingkungan yang lebih sehat dan nyaman, serta menghemat pengeluaran.

Untuk menciptakan eksterior rumah yang ramah lingkungan, salah satunya bisa dengan membuat taman pada pekarangan rumah. Tanaman hijau di taman rumah akan membuat rumah menjadi lebih cantik, sekaligus membuat udara di sekitar menjadi lebih bersih dan segar.

Berikut ini beberapa tips menciptakan taman rumah yang ramah lingkungan:

  1. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk meminimalisir pembuangan sampah. Misalnya, dengan membuat pot bunga dari balok kayu bekas dan ban bekas. Agar terlihat menarik, hias pot bunga dari barang bekas tersebut dengan mengecatnya sehingga tidak tampak kumuh.
  2. Gunakan lampu LED untuk pencahayaan di taman. Meski harganya lebih mahal, lampu LED lebih hemat energi dan lebih awet dibandingkan lampu pijar.
  3. Sebaiknya, gunakan pupuk alami seperti pupuk kompos untuk menyuburkan tanah di taman dan membuat tanaman tumbuh lebih sehat. Hindari penggunaan pupuk kimia yang tidak ramah lingkungan.
  4. Selain itu, pergunakan air secukupnya untuk menyiram tanaman. Jangan menyiram tanaman dengan air berlebihan, karena itu pemborosan air dan tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik jika tanahnya becek karena disiram air yang terlalu banyak.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s