Keterbatasan lahan tidak berarti membatasi kreativitas dalam membuat taman. Bagi kamu yang tidak punya lahan kosong di rumah untuk menanam tanaman, solusinya kamu bisa menciptakan taman supermini yakni dengan membuat terarium.

Terrarium atau yang disebut juga virarium merupakan sebuah media atau wadah dari material kaca atau plastik transparan yang di dalamnya diisi dengan tanaman. Terarium seperti taman mini di dalam wadah tersebut.

Membuat terarium tidak begitu sulit. Kamu hanya harus disipilin dan sabar saat merawat tanaman. Namun jika kamu berhasil membuat terarium, maka kamu bisa menjadikannya sebagai hiasan ruangan yang alami nan cantik.

Bagi yang ingin membuat terarium, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pemilihan Tanaman
    Pilih tanaman yang tidak perlu perawatan khusus. Biasanya, tanaman yang digunakan ialah tanaman paku, kaktus, sukulen, dan lumut, serta harus yang tetap berukuran kecil meski telah dirawat. Ini dimaksudkan agar tanaman tidak tumbuh keluar dari wadahnya. Selain itu, pilihlah juga tanaman yang tidak terlalu memerlukan cahaya dan yang bisa hidup dalam kondisi tempat yang lembap.
  1. Tentukan Wadah
    Kamu bisa menggunakan wadah kaca dan plastik transparan yang tidak lagi digunakan, seperti bohlam lampu, botol bekas, akuarium, dan lain-lain. Jika wadahnya tertutup, ingat untuk membuka tutupnya sesekali agar tanaman bisa menghirup udara segar.
  1. Letakan di Tempat Yang Tepat
    Hindari untuk meletakkan terarium di ruang terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. Tapi cukup letakkan di tempat di dalam rumah yang masih bisa terkena sinar matahari walau hanya sedikit. Sebab wadah kaca atau plastik bisa memperbesar volume sinar matahari. Selain itu, sebaiknya tidak meletakkan tertarium di atas furnitur yang permukaannya halus atau mudah rusak, serta letakkan di tempat yang sulit dijangkau anak-anak dan binatang peliharaan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s