Membangun atau merenovasi rumah membutuhkan keahlian dan pengalaman agar tidak salah dalam mengerjakan konstruksinya. Sehingga biasanya orang-orang akan menggunakan jasa tukang bangunan ketika ingin melakukan suatu pembangunan.

Pada umumnya, tukang bangunan dibedakan menjadi dua menurut sistem kerjanya, yakni tukang bangunan harian dan tukang bangunan borongan. Lantas, manakah yang lebih baik?

Keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan sistem kerja antara tukang harian dengan tukang borongan:

Tukang Borongan

Tukang borongan biasanya menerapkan sistem paket dalam pengerjaan. Jumlah bayaran akan ditentukan sesuai kesepakatan di awal perjanjian pembangunan. Kamu bisa memberikan arahan soal gambar desain, material apa saja yang digunakan, dan sebagainya. Tukang borongan akan mengerjakannya sesuai dengan instruksimu hingga pembangunan rumah rampung.

Tukang borongan cocok untuk kamu yang sudah siap dalam hal dana, sudah punya gambaran desain rumah yang detail, dan ingin pembangunan rumah selesai dalam waktu cepat. Sebab tukang borongan akan bekerja dengan cepat dan hal ini menguntungkan mereka. Namun, agar mereka tidak bekerja sembarangan karena ingin buru-buru selesai, maka kamu harus membuat kesepakatan di awal tentang kualitas bangunan yang harus mereka perhatikan.

Tukang Harian

Jika menggunakan jasa tukang harian, maka kamu akan membayar pekerja sesuai jumlah hari mereka bekerja. Besaran bayaran tergantung kesepakatan bersama di awal. Sistem yang fleksibel dan cocok untuk kamu yang punya dana pas-pasan.

Kamu bisa menentukan bagian rumah mana yang ingin dikerjakan dulu, dan mana yang menyusul kemudian ketika dana pembangunan/renovasi sudah siap. Ketika kamu merasa tidak cocok, kamu bisa memutuskan hubungan kerja sewaktu-waktu.

Namun kendalanya, kamu harus punya banyak waktu untuk mengawasi proses pembangunan. Sebab jika tidak, maka ada risiko kamu dipermainkan oleh pekerja yang memperlambat proses pengerjaan dan menggunakan material semaunya. Sistem tukang borongan cenderung lebih merepotkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s