Harga properti memang mahal dan terus menanjak. Namun, hal tersebut jangan menjadi alasan kenapa kamu belum punya rumah sendiri hingga saat ini. Sebab, jika merasa tak sanggup, kamu bisa coba mencicil rumah subsidi yang harganya sangat terjangkau.

Akan tetapi, tak sedikit orang yang salah mengelola keuangan sehingga uangnya tak juga mencukupi untuk membayar minimal uang muka rumah. Akhirnya, menjadi kesulitan untuk memiliki rumah impian.

Adapun beberapa penyebab seseorang kesulitan mempunyai rumah ialah karena kesalahan dalam pengaturan finansial. Antara lain:

  1. Gaya Hidup
    Terutama bagi yang tinggal di wilayah perkotaan, menjalani gaya hidup kekinian memang menyenangkan. Namun jika sudah berlebihan, kamu bisa jadi boros dan sulit menabung karena terpengaruh lingkungan. Misalnya, jadi sering jalan-jalan ke mal, menongkrong di kafe, karaoke-an, menonton di bioskop, dan sebagainya.
    Kamu boleh saja menjalani gaya hidup seperti itu, tapi pastikan kamu bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga masih ada tabungan untuk masa depanmu..
  1. Suka Beli Gadget
    Teknologi dan barang elektronik terus berkembang. Seperti produk gadget terbaru memang menggoda banyak orang untuk memilikinya. Akibatnya, banyak orang gonta-ganti gadget dan menyebabkan pengeluarannya membengkak, bahkan ada yang berutang demi punya gadget terbaru.
  1. Doyan Traveling
    Jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri boleh saja dilakukan. Namun, jika terlalu sering sedangkan keuanganmu pas-pasan, maka bisa membuat kamu tidak punya tabungan untuk minimal membayar uang muka rumah. Jadi, bagi yang doyan traveling, sebaiknya aturlah keuangan sebaik mungkin dan ketahui prioritasmu.
  1. Pernikahan Mewah
    Menikah dengan menggelar pesta yang mewah sudah menjadi impian banyak orang. Namun, jika keadaanmu dan pasangan yang masih belum punya rumah sendiri, sebaiknya Anda tidak menghambur-hamburkan uang untuk menggelar pernikahan mewah yang mahal. Cukup acara yang sederhana saja. Sebab hal yang tidak nyaman akan kamu rasakan setelah menikah jika tidak punya rumah sendiri. Seperti jadi bahan pembicaraan orang-orang karena belum punya rumah, tapi kok malah menggelar resepsi yang mewah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s