Sebagian anak muda menggunakan masa mudanya untuk bersenang-senang menikmati kehidupan. Selagi belum menikah, anak muda merasa ingin bebas melakukan apa saja dan terkadang kurang merencanakan masa depan dengan baik.

Salah satu hal yang biasanya luput dalam pikiran generasi muda berusia 20-an ialah menyiapkan tabungan untuk membeli rumah sedini mungkin. Harga properti yang kian mahal setiap tahun, tentunya harus disadari setiap anak muda untuk mulai menyiapkan uang demi membeli rumah impian.

Membeli rumah tentu saja membutuhkan banyak biaya. Untuk itu, penting sekali menyiapkan modal membeli rumah dalam beberapa tahun. Jauhkan pemikiran bahwa kamu hanya ingin menikmati masa kini dan bersenang-senang terlebih dahulu. Sebab patut kamu pikirkan bahwa tidak selamanya kamu akan tinggal menumpang di rumah orang tua atau keluarga.

Nah, berikut ini ada lima alasan penting kenapa kamu harus menabung dan membeli rumah sejak muda!

  1. Kenyamanan
    Jika kamu bisa punya tempat tinggal sendiri, entah itu rumah tapak atau apartemen, kamu bisa lebih nyaman dan bebas mengatur rumahmu, dibandingkan jika tinggal di rumah keluarga atau mengontrak. Apalagi jika kamu sudah berumah tangga, maka rumah pribadi itu sangat penting dimiliki.
  1. Membuat Orang Tua Bangga
    Setiap orang tua akan merasa bangga melihat anaknya mampu membeli rumah sendiri. Meski mungkin orang tua telah menyiapkan rumah warisan atau ingin memberikanmu salah satu rumahnya, namun jika kamu bisa membelinya sendiri, maka itu jadi nilai lebih yang membuat orang tuamu semakin bahagia melihat kamu mandiri.
  1. Kondisi Keuangan Lebih Siap
    Harga properti cenderung naik setiap tahun, apalagi jika properti berada di kawasan strategis di wilayah perkotaan. Untuk itu, penting sekali menabung sedari muda, mulai dari gaji pertama di pekerjaan pertamamu. Dalam beberapa tahun, kondisi keuanganmu sudah lebih siap untuk membeli rumah sendiri di umur yang tergolong masih muda, atau setidaknya kamu sudah siap membayar uang muka rumah, dan bisa mencicilnya setiap bulan dengan lancar.
  1. Rumah untuk Buka Usaha
    Jika kamu ingin membuka usaha sendiri, rumahmu bisa jadi tempat untuk menjalankan bisnis. Sehingga kamu bisa menghemat budget menyewa tempat atau kantor untuk bisnismu. Namun ini tergantung lokasi rumahmu dan bisnis apa yang ingin dijalankan. Misalnya, jika ingin bisnis catering, maka bisa dari rumah, atau menjadikan rumahmu sebagai kantor startup yang kamu rintis.
  1. Rumah Jadi Investasi
    Rumah adalah salah satu produk investasi paling menguntungkan, karena harganya yang selalu naik. Selain jadi tempat tinggal, rumah bisa kamu jadikan investasi yang berharga. Jika kamu punya lebih dari satu rumah, maka kamu bisa menyewakan atau menjualnya salah satunya untuk mendapatkan keuntungan. Semakin banyak rumah, semakin banyak keuntungan yang bisa dimiliki.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s