Tahun lalu memberikan banyak pengalaman dan telah menjadi kenangan. Sekarang, saatnya memulai tahun yang baru dengan harapan yang baru.

Biasanya, di tahun yang baru, orang-orang membuat resolusi atau goal setting terbaru. Resolusi yang merupakan impian-impian yang ingin diwujudkan di tahun ini. Dengan resolusi tersebut, kita jadi tahu rencana-rencana apa yang ingin dilakukan dan punya tujuan yang ingin dicapai. Hidup jadi lebih terarah.

Nah, buat kamu yang bingung cara menulis impian atau resolusi tahun baru, berikut 5 tips yang diambil dari konsep SMART, yakni Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound.

1. Specific

Impian atau cita-cita harus spesifik atau bersifat khusus. Artinya, impiannya detail dan jelas, dan bukan bersifat umum. Contoh impian yang tidak “specific”: saya mau mulai menabung. Namun coba ganti jadi impian yang “specific”: saya akan menabung Rp 500 ribu setiap bulan dari gaji sayaJadi, tulislah resolusimu secara terperinci dan spesifik.

2. Measurable

Resolusi harus bisa terukur atau diukur (measurable), sehingga memudahkan kamu mengetahui apakah kamu sudah atau belum mencapainya. Contohnya: saya akan membaca habis sebuah buku dalam seminggu. Jadi, jangan cuma menulis resolusi: tahun ini saya mau membaca banyak buku. Karena “banyak” adalah jumlah yang relatif dan kira-kira.

3. Achievable

Achievable berarti tujuan harus bisa dicapai. Target yang dibuat sebaiknya tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu mustahil untuk dicapai. Contoh impian yang mustahil: mau KPR rumah bulan depan, tapi belum ada tabungan dan pekerjaan tetap. Jadi, jika ingin KPR, sebaiknya dipersiapkan tabungannya dulu dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan penghasilan, sehingga KPR bisa diterima dan pembayarannya nanti lancar. Jadi, bikin target secara bijaksana dengan penuh perhitungan.

4. Realistic

Tujuan yang ingin dicapai harus realistis. Maksudnya, boleh saja memiliki impian yang sangat tinggi, tapi harus memperhatikan kenyataan. Contohnya, bagi yang tingginya hanya 150 cm, tidak mungkin menjadi pramugari, karena tinggi minimal pramugari adalah 160 cm. Jadi, jangan targetkan impian yang sudah pasti hanya akan sekadar menjadi angan-angan.

5. Time-bound

Time-bound artinya batas waktu. Kamu harus menetapkan kapan target yang ditulis tercapai. Dengan begitu, kamu bisa tahu dan fokus pada apa saja langkah/rencana yang yang sebaiknya dilakukan. Contohnya, bulan Desember ini saya harus sudah membeli mobil sendiri. Nah, dengan target yang sudah jelas tersebut, maka kamu bisa mulai mempersiapkan dana dari awal tahun untuk membeli mobil di akhir tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s