Ridwan Kamil mengunggah video menyentuh tentang toleransi dan perdamaian. Lewat video itu, Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil ini ingin mengingatkan masyarakat Indonesia untuk menghindari kebencian yang didasarkan pada perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA).

“Tuhan menciptakan kita berbeda-beda. Tuhan mentakdirkan Indonesia hadir dari keberagaman suku bangsa, bahasa, keyakinan, dan agama. Di Indonesialah, harus kita tunjukkan bahwa beribadah, berkeyakinan, beragama itu sangat dibela oleh negara, dan merupakan hak fundamental dari seluruh warga Indonesia,” pesan Ridwan Kamil dalam video #BandungToleran.

Seperti diketahui, pada tanggal 6 Desember lalu, terjadi insiden pembubaran ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di gedung Sabuga, Bandung, Jawa Barat, oleh ormas Pembela Ahlu Sunnah (PAS). Insiden yang mencoreng kebebasan beragama dan beribadah di Indonesia.

Guna meredakan ketegangan SARA yang amat mengganggu kedamaian bangsa belakangan ini, tindakan Ridwan Kamil ini patut diapresiasi. Beginilah seharusnya pemimpin bersikap dengan merangkul seluruh kalangan dan menindak tegas setiap oknum yang ingin mengacaukan kebhinekaan.

Nah, berikut simak video menyentuh yang diunggah Ridwan Kamil yang berisi pesan-pesan bermakna tentang toleransi beragama:

“Beribadah itu seperti bernapas. Seperti oksigen yang memberi kehidupan, cahaya yang menuntun kita dalam kegelapan. Beribadah itu hak setiap insan. Sudah seharusnya tak dapat hambatan.

Keberagaman ini asalnya dari Tuhan, dan setiap hamba-Nya butuh rasa aman. Karena negeri ini diwariskan oleh leluhur nan beragam. Walau berbeda keyakinan, Indonesia bersatu, berpadu jadi tujuan.

Kepada kita generasi masa depan, tanggung jawab ini mereka titipkan. Karena walau berbeda keyakinan, kita semua bersaudara dalam kemanusiaan.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s