Telolet, bunyi klakson bus yang sudah sering didengarkan banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, belakangan ini muncul fenomena “om telolet om” di Indonesia yang kini go international.

Awalnya, anak-anak kecil merasa asyik sendiri mendengarkan suara telolet yang nyaring itu. Mereka antusias pergi ke tepi jalan untuk memanggil supir busnya atau menuliskan “om telolet om” di kertas agar sang supir mau memainkan klaksonnya yang memiliki beragam nada unik.

Aksi anak-anak itu terlihat lucu dan video mereka ada yang tersebar di media sosial. Orang-orang dewasa pun akhirnya ikut-ikutan untuk melakukan hal yang sama. Meski berisik, tak dapat dipungkiri suara telolet kini jadi hiburan bagi banyak orang. Hal sederhana yang sebenarnya menginspirasi kita semua untuk menemukan kebahagiaan dari hal simpel dan konyol sekalipun.

Kontroversi

Fenomena om telolet om yang terjadi di jalan raya membuat Polda Metro Jaya merasa khawatir jika hal itu bisa menimbulkan kecelakaan. Suara klakson telolet merupakan hasil modifikasi dan sangat mengganggu, serta melanggar pasal 227 UU No 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan. Untuk itu, polisi akan menilang dan menindak tegas supir bus yang sengaja membunyikan suara telolet.

“Nanti orang akan kaget dong. Kan bunyinya sangat keras, sehingga konsentrasi pengendara akan hilang arah sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan," kata AKBP Budianto di Jakarta.

Selain itu, fenomena ini juga merambah ke internet dan media sosial. Para netizen khususnya yang dari Indonesia, tampaknya sangat antusias untuk menyebarkan demam “om telolet om” ke mana-mana. Mereka melakukan spamming ke akun-akun Twitter, Instagram, dan Facebook para public figure di seluruh dunia.  Semua komentar jadi tidak nyambung dan malah menuliskan “om telolet om”.

"What is "om telolet om" and why is it being spammed on our Instagram?!" tulis akun Twitter grup musik edm asal Amerika Cash Cash.

Lucu, sih, menurut kebanyakan orang. Tapi mungkin bisa membuat pemilik akun socmed itu merasa kesal. Salah satu yang mengutarakan kekesalannya itu adalah Jerinx, personal band Superman Is Dead (SID).

"Km post di socmed ttg aksi demo lawan si rakus yg mau hancurin tanah kelahiranmu. Dan dr 100 komen, 80 nya 'telolet'. How d fukk wud u feel?" tulisnya di Twitter.

Inspirasi

Google Indonesia mencatat lebih dari 2 juta pencarian terkait om telolet om pada tanggal 20-21 Desember. Sementara ada 1,2 juta tweet atau cuitan tentang om telolet om dari seluruh dunia dalam sehari. Hal ini bisa terjadi tentunya karena saking banyaknya DJ, musisi, selebriti, hingga klub sepakbola luar negeri yang ikut-ikutan tren om telolet om, sehingga membuat netizen dunia bahkan media seperti Billboard membahasnya berkali-kali.

Mungkin fenomena ini hanya sebentar. Tapi tentunya akan sangat berkesan bagi masyarakat Indonesia yang akhir-akhir ini lebih senang ribut membahas politik dan SARA. Karena dari hal yang receh, ternyata bisa menjadi viral dan mendunia, serta jadi inspirasi tulisan, gambar atau video meme, hingga para musisi luar negeri yang berencana untuk membuat lagu/musik tentang om telolet om.

"I think OM TELOLET OM should be the name of my next song," tulis Dawin.

COMMENT 🚌📯 IF WE NEED TO SAMPLE THIS ON THE NEW ALBUM.

A post shared by Yellow M.F. Claw (@yellowclaw) on

#omteloletom #om #telolet apa ini? ^^

A post shared by Henry Lau 刘宪华 헨리 (@henryl89) on