Hubungan persahabatan yang terjalin antara sesama manusia adalah hal yang biasa kita temukan. Namun kisah yang satu ini berbeda, yaitu kisah persahabatan antara manusia dengan seekor penguin.

Burung penguin spesies Magellan ini ternyata memiliki perasaan dan tahu berterima kasih. Beberapa kali ia mengunjungi “majikan”-nya yang bernama Joao Pereira de Souza di sebuah desa di pulau Ilha Grande, Brasil untuk bersilaturahmi.

Jalinan pertemanan unik ini berawal saat Jaoa Pereira de Souza menolong si penguin yang sekarat karena tubuhnya berlumuran genangan minyak mentah di pantai di dekat kediamannya pada Maret 2011 silam. Pria 71 tahun yang bekerja sebagai nelayan itu lalu membersihkan bulunya, memberikannya makan, merawatnya hingga akhirnya hewan itu pulih.

Setelah sepekan, Jaoa mencoba melepas si penguin yang ia beri nama Dindim/ Jinjing itu kembali ke laut. Namun ternyata penguin itu tidak mau pergi. Akhirnya, si penguin tinggal bersama Jaoa di rumahnya selama sekitar 11 bulan. Lalu ia pun baru pergi setelah berganti bulu.

Beberapa bulan kemudian, penguin berkelamin jantan itu kembali ke rumah Joao. Bahkan sejak saat itu, penguin rutin kembali ke desa Joao setiap tahun untuk mengunjungi majikannya. Saat berkunjung, penguin menghabiskan waktunya di desa Joao selama 8 bulan dalam setahun. Sementara sisa waktunya sekitar 4 bulan dalam setahun digunakan untuk berkembang biak di kawasan pantai Argentina dan Chile.

Kemungkinan, penguin itu berjuang menempuh jarak sekitar 3.000-5.000 km setiap tahun hanya untuk bertemu dengan orang yang telah menyelamatkan nyawanya. Joao pun merasa si penguin seperti bagian dari keluarganya. Mereka tampaknya begitu saling mengasihi.

'I love the penguin like it's my own child and I believe the penguin loves me,' ujar Joao kepada TV Globo.

Cerita ini adalah kisah nyata yang mengharukan bagaimana manusia dan binatang bisa memiliki ikatan hubungan yang erat. Orang lain sempat berkata tidak mungkin penguin itu kembali, tapi ternyata penguin itu kembali kepada Joao setiap tahunnya. Mengagumkan!

Video-video kebersamaan  Joao Pereira de Souza dan penguin bisa kamu simak di bawah ini: