Gereja tua yang sudah lama tak digunakan dan tak terurus diubah menjadi menarik kembali. Di tangan seniman asal Madrid, Spanyol bernama Okuda San Miguel, bangunan gereja di Youssoufia, Maroko itu kini tampil nyentrik berwarna-warni.

Okuda San Miguel menggunakan berbagai warna yang didominasi warna cerah untuk menghias tembok fasad rumah ibadah Kristiani itu dengan pola ragam geometris. Uniknya, dia menggambar beruang dan singa yang artistik di bagian depan bangunan. Dia menamakan karyanya sebagai “11 Mirages to the Freedom”.

Tembok Gereja Ini Jadi Nyentrik Berwarna-warni, Ada Gambar Hewan Beruang dan Binatang Singa
bagian depan dan samping gereka via ink and movement gallery

Karya seni yang mirip grafiti ini hanya dikerjakan dalam waktu seminggu pada akhir Februari 2016 lalu. Dalam wawancaranya dengan Bored Panda, menurutnya hal paling luar biasa saat mengerjakannya adalah bahwa ia merasakan jika agama dan kepercayaan mengalami perubahan dengan generasi baru.

Selain itu dia juga merasa jika apa yang dikerjakannya seperti menyatukan agama-agama yang berbeda. Sebab seni tidak berbatas, seperti saat Muslim mendatanginya untuk mengambil gambar gereja dan dirinya saat mengerjakan proyek itu. Inilah kasih, kebebasan, perdamaian, dan kesetaraan menurutnya.

Tembok Gereja Ini Jadi Nyentrik Berwarna-warni, Ada Gambar Hewan Beruang dan Binatang Singa
bagian belakang gereja via ink and movement gallery