Menjadi seorang entreprenur atau wiraswasta bukan semata-mata soal menjalankan bisnis sendiri karena kamu punya modal atau karena kamu tidak mau menjadi karyawan yang bergantung sama gaji bulanan. Menjadi entrepreneur adalah pilihan gaya hidup untuk menggambarkan dirimu secara utuh.

Saat ini banyak anak muda yang bermimpi menjadi entrepreneur yang sukses. Impian yang begitu tinggi, hasrat yang begitu besar, pemikiran yang masih idealis, dan keinginan untuk bebas menentukan arah hidupnya sendiri, adalah penggerak keberanian untuk mandiri menjalani gaya hidup sebagai entrepreneur.

Ada rasa bangga tersendiri saat namamu disebut sebagai Founder atau Owner suatu bisnis. Status kamu sebagai pengusaha membuat kamu merasa termotivasi untuk menjalani hari-harimu dan orang lain bahkan bisa jadi terinspirasi oleh usahamu.

Namun memilih entrepreneur sebagai gaya hidup dibutuhkan mental yang kuat, sebab segala sesuatu kini dikendalikan oleh kamu sendiri. Kamu adalah aktor utama yang berperan penting akan keberhasilan usaha yang kamu bangun, dan ini bukan hal yang mudah.

"Being an entrepreneur is neither a part time or full time job, it's a lifestyle."

Nah, buat kamu yang ingin menjadi entrepreneur, ada beberapa hal mendasar dari dalam dirimu yang perlu kamu miliki agar siap menjalani gaya hidup entreprenurship, di antaranya:

  1. Kamu Tertarik Berinvestasi
    Kamu adalah orang yang mau belajar mengatur keuangan. Kamu mengontrol keinginan dan mengutamakan kebutuhan saat ini dan memikirkan kebutuhan yang akan datang. Sehingga kamu lebih suka membelanjakan penghasilan dengan membeli aset investasi untuk modal usaha dan bekal masa depan.
  2. Siap Bekerja Lebih Giat
    Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, namun kamu siap menikmati proses dan menghadapai risiko, seperti harus menghabiskan lebih banyak waktu bekerja hingga larut malam bahkan di hari libur. Akan tetapi, kamu malah merasa lebih “bebas” daripada saat menjadi karyawan yang bekerja 8 jam setiap hari Senin-Jumat.
  3. Ingin Menjadi Seorang Pemimpin
    Kamu ingin menjadi pemimpin dan memberdayakan orang lain. Saat kamu menjadi karyawan, kamu bisa saja mengepalai suatu divisi atau departemen, namun kamu merasa kepemimpinan yang kamu jalani itu terbatas sehingga kamu tergerak untuk menjadi entrepreneur yang menjalankan bisnis sendiri dan berguna bagi banyak orang.
  4. Suka Mempelajari Hal Baru
    Kamu adalah tipe orang yang ingin tahu hal-hal baru dan suka bertanya tentang hal-hal yang belum kamu pahami. Semakin banyak hal yang kamu pelajari, semakin kamu merasa jika masih banyak hal yang perlu kamu ketahui. Hal ini sangat penting dimiliki oleh entreprenur agar bisa berinovasi dalam menjalankan bisnisnya.
  5. Senang Bersosialisasi
    Bertemu orang-orang baru membuat kamu merasa antusias. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin kamu merasa hidupmu lebih berwarna. Hal ini penting bagi seorang entrepreneur agar bisa mengembangkan bisnisnya, sebab semakin banyak orang yang kamu kenal, maka semakin besar kesempatanmu untuk berhasil mengembangkan bisnismu.

Jika kamu merasa sudah memiliki hal-hal yang dijelaskan di atas, maka saatnya kamu menyusun rencana bisnis yang ingin kamu jalankan secara mendetail, menyiapkan modal usaha, membentuk tim yang sevisi denganmu, dsb. Setelah semuanya itu siap, maka jalankanlah bisnismu, lakukanlah yang terbaik, dan serahkanlah kepada Tuhan agar memberkati usahamu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s