Bagi kamu yang sudah menonton film layar lebar “AADC 2” (Ada Apa Dengan Cinta 2) di bioskop, pasti terpesona dengan salah satu lokasi syuting film tersebut yang mau dibahas kali ini. Ya, kita mau bahas “Gereja Ayam”, begitulah sebutan untuk bangunan unik ini.

Bagi yang belum tahu, Gereja Ayam berada di area Bukit Menoreh, Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur.

Sebelum Dian Sastrowardoyo (Cinta) dan Nicholas Saputra (Rangga) main film di Gereja Ayam, bangunan “aneh” ini sebelumnya sudah lama populer hingga ke mancanegara karena bentuknya yang tidak biasa. Namun pasti berkat AADC 2, tempat ini kayaknya bakal semakin populer di Indonesia dan akhirnya semakin menarik minat banyak wisatawan.

Mengenal Sejarah Bangunan Gereja Ayam, Tempat Syuting Film AADC 2
via YouTube/AzzaTwirre

Kalau diperhatikan baik-baik, sebenarnya bangunan Gereja Ayam lebih mirip burung Merpati dan bukan ayam raksasa. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Daniel Alamsjah, orang yang mendirikan bangunan ini.

Daniel Alamsjah mengaku bahwa sekitar tahun 1990-an, Tuhan memberikannya ilham untuk membangun sebuah “rumah doa” yang berbentuk burung Merpati di lokasi tersebut. Kemudian ia membeli lahan 3000 meter persegi dengan menyicilnya selama 4 tahun. Lalu mulai membangun Gereja Ayam hingga akhirnya pada tahun 1997 proses konstruksi terpaksa dihentikan karena krisis, dan ditutup pada tahun 2000 karena kehabisan dana pembangunan.

Dulu saat bangunan eksentrik ini masih terurus meski belum benar-benar jadi, katanya bangunan ini pernah menjadi tempat rehabilitasi bagi anak-anak difabel, pecandu narkoba, dan orang-orang yang mengalami gangguan mental.

Namun sayangnya kini bangunan Gereja Ayam sudah terbengkalai dan dibiarkan begitu saja sehingga menjadi mirip reruntuhan bangunan kuno. Tiangnya rapuh, dindingnya kusam, coretan di mana-mana, dan berbagai kerusakan lainnya.

Bangunan Gereja Ayam di Magelang Tempat Syuting Rangga dan Cinta di Film AADC 2
via YouTube/AzzaTwirre