Sejak September 2013, aktris dan penyanyi Maudy Ayunda berkuliah di Oxford University, Inggris dan mengambil jurusan P.P.E (Philosophy, Politics and Economics). Bisa menempuh pendidikan di salah satu universitas terbaik di dunia dan mempelajari 3 bidang (filosofi, politik, ekonomi) yang sulit membuktikan jika artis cantik kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 ini ternyata memiliki otak yang cemerlang.

Nah, bagi kawula muda yang terinspirasi dengan Maudy Ayunda, yuk simak 7 pandangan dan pengalaman cewek kece yang satu ini saat berkuliah di Oxford.

  1. Apa bedanya sistem pendidikan di Oxford dan di Indonesia?
    Menurut Maudy Ayunda, sistem pengajaran di Oxford itu unik banget, tetapi awalnya agak “menyeramkan”. Di sana, muridnya ada sekitar 100 orang, namun tidak terlalu ada interaksi dengan profesornya.
    Akan tetapi ada juga sistem pengajaran “Tutorial” di mana hanya ada 1 profesor dan 2 murid. Saat Tutorial, profesor bersama mahasisa akan membahas topik esai mingguan. Mahasiswa harus mempersiapkannya agar saat beragumentasi mengenai topik yang ditulisnya, ia bisa mempertahankan pendapatnya. Awalnya Maudy takut banget, namun lama-lama ia terbiasa karena ada 2 esai setiap minggunya.
    Jadi yang membedakan sistem pendidikan di Oxford dengan di Indonesia adalah Tutorial System.
  2. Pengalaman Maudy Ayunda beradaptasi di Oxford
    Maudy Ayunda merasa lebih independen, lebih mengenal dirinya sendiri karena harus hidup mandiri, dan ini sangat membantunya untuk refleksi diri. Ia juga jadi merasa semakin dewasa.
    Bertemu banyak orang dari berbagai negara membuat Maudy belajar banyak hal mengenai perbedaan kebudayaan dan mendapatkan pengalaman baru yang membentuk karakternya. Ia juga belajar berinteraksi dan terbuka dengan orang-orang yang berbeda kulturnya
  3. Tips Maudy Ayunda bagi orang Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri
    Menjadi orang yang fleksibel, mencoba beradaptasi dengan perubahan, bersikap terbuka dan positif.
  4. Kenapa Maudy Ayunda memilih Oxford dan jurusan PPE?
    Maudy memilih Oxford karena jurusan PPE sudah lama ingin dipelajarinya. Kombinasi dari ilmu filsafat, politik dan ekonomi itu keren dan sangat melengkapi satu sama lain. Selain itu, ia juga memilih Oxford karena menyukai Inggris dan Oxford jadi yang pertama mencetuskan mata pelajaran PPE.
  5. Cara Maudy Ayunda mengatasi stres belajar di Oxford
    Kadang-kadang Maudy merasa frustasi dan jenuh, terutama saat pertama kali beradaptasi di Oxford yang kuliahnya sulit sekali. Orang-orangnya juga sangat pintar, jadi sempat merasa apakah ia sudah cukup baik? Namun cara mengatasinya ialah dengan memiliki motivasi untuk lebih giat belajar lagi. Selain itu, faktor waktu yang mepet tapi banyak hal yang harus dipelajari juga terkadang membuatnya frustasi. Jadi solusinya yakni harus berpikir positif dan sepraktis mungkin, sehingga terkadang tidak bisa terlalu perfeksionis.
  6. Hal epic yang dialami Maudy Ayunda di Oxford 
    Yang epik banget di Oxford itu pengalaman sosialnya, seperti kedatangan figur-figur dari The Economist, Perdana Menteri, dan entrepreneur yang memungkinkan Maudy untuk mengobrol dengan mereka. Selain itu, berada di sekitar orang-orang yang inteligen membuatnya bisa sering mendengarkan diskusi tentang teori ilmiah, dll.
  7. Hal di Oxford yang bisa diterapkan di Indonesia
    Menurut Maudy Ayunda, hal di Oxford yang bisa diterapkan di Indonesia adalah kultur membaca, bekerja, dan belajar di perpustakaan. Karena di perpustakaan kita harus benar-benar diam dan melihat orang di meja lain belajar, sehingga membuat kita jadi akhirnya fokus belajar.

Untuk cerita selengkapnya, kamu bisa tonton video YouTube “Student Life at Oxford” dari Maudy Ayunda di bawah ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s